REVELATION

REVELATION
THE GREATEST KNOWLEDGE IS THE REVELATION FROM GOD

22 July 2008

Win-Win Solution

Bacaan: Mat 28:11-15

Mat 28:12 “Dan sesudah berunding dengan tua-tua, mereka mengambil keputusan lalu memberikan sejumlah besar uang kepada serdadu-serdadu itu.”

Salah satu keahlian penting yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha adalah kemampuan negosiasi. Secara sederhana maka negosiasi dapat didefinisikan sebagai sebuah proses untuk memecahkan perbedaan dan konflik melalui pembicaraan dan diskusi tanpa menggunakan kekerasan.

Pada tahun 1960an, Gerard I. Nierenberg, seorang penulis dan pengacara Amerika, merupakan salah satu orang pertama yang menyadari pentingnya peran negosasi dalam menyelesaikan masalah pribadi, bisnis dan hubungan internasional. Bukunya yang berjudul The Art of Negotiations merupakan best selling classic yang mempengaruhi banyak buku-buku negosiasi.

Pendiri Negotiation Institute ini mempromosikan sebuah filosofi “Everybody Wins” yang meyakinkan agar semua pihak diuntungkan dalam proses negosiasi. Pada tahun 1970an para praktisi dan peneliti mulai mengembangkan pendekatan “Win-Win Solution”.

Esensi dari negosiasi sebenarnya adalah adanya dua pihak yang memiliki kepentingan yang sama namun memiliki beberapa perbedaan yang mendasar. Tujuan dari negosiasi adalah untuk melakukan kompromi atas perbedaan tersebut.

Sangat disayangkan apabila banyak businessman kristen pada akhirnya kehilangan integritas dalam bisnis karena pemahaman yang salah akan prinsip win-win solution. Tidak sedikit pengusaha yang pada akhirnya kompromi dengan dosa dengan dalih win-win solution.

Is Jesus the only solution for your business?

No comments: