REVELATION

REVELATION
THE GREATEST KNOWLEDGE IS THE REVELATION FROM GOD

23 July 2008

KYC

Bacaan: Luk 2:1-7

Luk 2:7 “dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan.”

Salah satu SOP yang perlu diterapkan dalam perusahaan adalah KYC, atau Know Your Customer. Perusahaan perlu mengenali siapa saja customer mereka, termasuk potential customer. Dengan mengenal pelanggan maka perusahaan berharap dapat memberikan pelayanan yang lebih baik, selain itu perusahaan juga dapat mengantisipasi apabila terdapat calon customer dengan track record yang kurang baik.

Namun demikian, terkadang banyak perusahaan yang kurang menghargai calon pembeli. Tidak sedikit para investor yang mengalami service yang kurang memuaskan hanya karena penampilan fisik mereka tidak menunjukkan bahwa mereka termasuk golongan mampu. Hal ini bukan saja berakibat pada menurunnya pendapatan, namun juga berdampak pada citra dari perusahaan tersebut.

Seandainya para pemilik penginapan di Betlehem tahu bahwa dua anak muda yang hendak menginap adalah orang tua dari penguasa alam semesta, dapat dipastikan bahwa pelayanan yang diberikan akan sangat berbeda.

Para Majus dari Timur dapat mengenali bayi yang lahir sebagai raja segala raja, sementara Herodes membenci kelahiranNya. Para ahli taurat tidak dapat mengenali kelahiran sang Mesias, sementara gembala yang hina segera menyadari kebesaranNya.

Terkadang kita sibuk dengan pekerjaan dan pelayanan sehingga tidak menyadari bahwa Yesus hadir di tengah kita. Natal seringkali menjadi waktu dimana kita kurang menyadari akan the real customer, yaitu Tuhan sendiri dan orang-orang yang membutuhkan uluran kasihNya.

Know Your Customer.

No comments: