REVELATION

REVELATION
THE GREATEST KNOWLEDGE IS THE REVELATION FROM GOD

28 July 2008

Balance of Love

Bacaan: Mar 12:28-34
Mar 12:30-31 “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri...”

Hidup berbicara mengenai keseimbangan. Keberhasilan dalam hidup terjadi ketika orang dapat memiliki keseimbangan. Time management yang baik dan pengaturan prioritas merupakan harmonisasi kunci mencapai sukses.

Yesus mengajarkan sebuah prinsip keseimbangan yang menghasilkan kuasa terbesar di muka bumi yaitu kasih. Prinsip hukum kerajaan surga dibagi menjadi dua elemen, yaitu kasih kepada Tuhan dan kasih kepada sesama manusia dan diri sendiri.

Salib selalu berbicara mengenai dua unsur, yaitu hubungan vertikal dengan Tuhan dan hubungan horizontal dengan sesama manusia dan diri sendiri. Diperlukan keseimbangan antara mengasihi Tuhan dengan mengasihi sesama dan diri sendiri. Ekstrim di salah satu kutub akan menghasilkan ketidakseimbangan. Perpaduan kedua unsur ini akan menghasilkan kuasa terbesar untuk mengubah sejarah kehidupan manusia.

Seringkali orang percaya terjebak untuk ekstrim mengasihi Tuhan tanpa pernah menunjukkan kasih kepada sesama. Di sisi lain, seringkali orang percaya terjebak untuk ekstrim hanya mengasihi sesama tanpa mengenal Tuhan yang mengasihi mereka. Perbuatan amal sosial tanpa pengenalan akan Tuhan hanya menjadi sebuah legalitas Farisi.

Yang mengherankan adalah ada banyak orang percaya yang menocba mengasihi Tuhan dan sesama tapi mereka tidak bisa mengasihi diri sendiri. Orang yang tidak bisa menerima keberadaan diri sendiri, tidak bisa menghargai diri sendiri dan tidak bisa mengasihi diri sendiri, akan sukar untuk bisa menerima, menghargai dan mengasihi sesamanya manusia serta Tuhan yang tidak terlihat.

Ada kuasa yang tercipta dalam keseimbangan kasih.

1 comment:

Anonymous said...

Dear bro..

Thank you so much
you always inspired me..

Kingdom blessings