REVELATION

REVELATION
THE GREATEST KNOWLEDGE IS THE REVELATION FROM GOD

28 July 2008

Nikodemus

Bacaan: Yoh 3:1-21

Yoh 3:4 Kata Nikodemus kepada-Nya: "Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?"

Dalam perusahaan Jepang, senioritas memegang peranan yang sangat penting. Usia dan lamanya seorang bekerja di sebuah perusahaan menunjukkan bukan hanya tingkat pengalaman kerja dan loyalitas namun terkadang juga menggambarkan posisi seseorang. Semakin senior orang tersebut, maka semakin tinggi kedudukannya.

Sebagai profesional senior, kerendahan hati merupakan salah satu faktor yang seharusnya semakin menonjol. Seperti ilmu padi, semakin berisi semakin merunduk. Dalam hal ini, kualitas unggul tersebut dapat tercermin dari bagaimana seorang senior memiliki kebesaran hati untuk mau belajar dan mendengarkan orang lain, terutama terhadap orang yang lebih muda darinya. Namun demikian, terkadang para senior merasa lebih hebat dan sukar untuk mendengarkan para junior mereka.

Firman Tuhan hari ini mengisahkan akan Nikodemus, seorang pemimpin agama Yahudi, seorang ahli taurat dan seorang yang kaya. Dibalik seluruh kebesarannya, Nikodemus memiliki keinginan yang dalam untuk dapat mengenal kebenaran yang disampaikan oleh seorang guru muda bernama Yesus. Satu hal yang menarik adalah Nikodemus memilih untuk menghampiri Yesus dan duduk mendengarkan pengajaranNya. Kerendahan hati tersebut memberikan sebuah pewahyuan yang mendalam akan arti kelahiran baru dan kasih karunia Allah akan dunia.

Mari kita mengawali hari ini dengan sebuah sikap yang senantiasa rendah hati dan mau belajar dari orang lain, termasuk orang yang lebih muda dari kita.

Greatness comes from a great heart.

No comments: