REVELATION

REVELATION
THE GREATEST KNOWLEDGE IS THE REVELATION FROM GOD

22 July 2008

Time Management

Bacaan: Ef 5:15-20

Ef 5:15-16 “Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.”

Multitasking merupakan tip time management yang banyak diberikan pada tahun 1980-an hingga 1990-an. Dalam multitasking disarankan agar seseorang melakukan beberapa hal sekaligus untuk menghemat waktu dan meningkatkan produktifitas.

Salah satu tip yang banyak dipopulerkan oleh para pakar time management akhir-akhir ini adalah prinsip Pareto 20/80. Prinsip ini ditemukan tahun 1897 oleh seorang ahli ekonomi Italia yang bernama Vilfredo Pareto. Dalam pengamatannya, Pareto menemukan bahwa ternyata 20% dari populasi yang ada ternyata menguasai 80% tanah yang ada di Inggris dan beberapa negara lainnya.

Prinsip Pareto 20/80 mengatakan bahwa 20% prioritas Anda akan memberi 80% hasil produksi kalau Anda menggunakan waktu, tenaga, uang, dan personel-personel yang berada pada 20% puncak prioritas Anda.

Anda berada dalam kelompok 20% apabila:
Anda terlibat dalam aktifitas yang meningkatkan seluruh tujuan dalam hidup Anda.
Anda melakukan hal-hal yang selalu ingin Anda lakukan.
Anda melakukan tugas-tugas yang Anda tidak suka, tapi Anda tetap melakukannya karena tahu bahwa hal tersebut menghubungkan Anda dengan visi yang lebih besar.
Anda merekrut orang untuk mengerjakan tugas-tugas yang Anda kurang cakap atau tidak suka melakukannya.
Anda tersenyum.

No comments: