REVELATION

REVELATION
THE GREATEST KNOWLEDGE IS THE REVELATION FROM GOD

23 July 2008

Business Valuation

Bacaan: Maz 26:1-12

Maz 26:2 “Ujilah aku, ya TUHAN, dan cobalah aku; selidikilah batinku dan hatiku.

Valuation atau penilaian merupakan salah satu hal wajib yang perlu untuk dilakukan sebelum sebuah perusahaan melakukan corporate action. Baik perusahaan yang bermaksud melakukan merger, akuisisi, bond issue, right issue dan strategic action lainnya, maka manajemen perlu mengetahui dengan jelas berapakah nilai sebenarnya dari perusahaan tersebut.

Untuk memperoleh kepastian akan kelayakan proyek, maka due dilligence perlu dilakukan secara menyeluruh dalam setiap aspek. Dalam hal ini peran para profesi maupun lembaga penunjang diharapkan dapat meberikan gambaran mengenai kondisi sesungguhnya dari perusahaan. Tidak sedikit dalam pelaksanaan uji tuntas tersebut ditemukan banyak pelanggaran maupun dampak-dampak negatif yang mungkin terjadi apabila transaksi tetap dilakukan.

Kisah diatas merupakan sekilas gambaran mengenai apa yang sedang Tuhan kerjakan dengan kehidupan Anda. Sebelum Tuhan mempromosikan Anda dan memakai Anda dengan kapasitas yang lebih luas, Tuhan selalu melakukan due dilligence terhadap kehidupan Anda. Lingkup audit yang paling material adalah pada hati Anda, karena dalam hatilah muncul segala hal yang buruk.

Jeritan raja Daud merupakan suatu gambaran akan kehidupan yang transparan tanpa ada suatu pelanggaran yang coba ditutupinya. Ketika Daud ditegur oleh nabi Natan, dengan hati terbuka ia mengakui semua dosanya dan bertobat. Hati yang lemah lembut dan rendah hati inilah yang membuat ia menjadi orang yang berkenan di hadapan Tuhan.

Let God check your heart today.

No comments: