REVELATION

REVELATION
THE GREATEST KNOWLEDGE IS THE REVELATION FROM GOD

23 July 2008

Never Trust Your Memory

Bacaan: Yer 17:5-10

Yer 17:6 “...Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!”

Saat ini dunia teknologi berlomba-lomba untuk meningkatkan kapasitas memory. Laptop, handphone, flash disc, kamera dan produk-produk lainnya mencoba untuk melakukan upgrade atas kapasitas storage agar user dapat menyimpan lebih banyak data di dalamnya.

Apabila kita berbicara mengenai memory, salah satu produk tercanggih yang dapat menyimpan begitu banyak data dan informasi adalah otak. Otak manusia diciptakan Tuhan dengan kekuatan yang luar biasa, termasuk kekuatan alam bawah sadar akan peristiwa-peristiwa yang sudah terjadi puluhan tahun lamanya. Itulah sebabnya banyak profesional yang sangat bangga dengan kemampuan otak mereka.

Suatu hari saya mendapat kesempatan berjumpa dengan chairman dari salah satu grup besar di Indonesia. Dalam acara meeting tersebut saya melihat bagaimana beliau begitu tajam dalam analisa dan mempunyai kemampuan mengingat hal-hal yang sangat detail dengan akurat.

Saya sangat berharap bahwa saya dapat melakukan hal yang sama dalam menghafal semua data di luar kepala, namun hal tersebut bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Terkadang kita masih sulit untuk menghafal nama-nama orang maupun password atau PIN yang kita buat.

Salah satu hal yang perlu dipelajari oleh para profesional adalah jangan pernah mengandalkan memori Anda. Sekalipun Anda memiliki kemampuan mengingat yang luar biasa, tetaplah tulis semua ide-ide cemerlang, hasil meeting dan appointment Anda dalam agenda.

Jangan mengandalkan kekuatan Anda.

No comments: