REVELATION

REVELATION
THE GREATEST KNOWLEDGE IS THE REVELATION FROM GOD

23 July 2008

My Boss

Bacaan: Lukas 16:1-14

Lukas 6:13 “Seorang hamba tidak dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon."

Pernahkan Anda mengalami bekerja dengan memiliki dua atasan yang berbeda? Setiap HR manager yang baik akan tahu bagaimana menempatkan seorang profesional pada posisi dan line of command yang harus dipatuhinya. Dapat dibayangkan betapa bingung dan sulitnya bekerja dengan memiliki beberapa atasan, terutama di saat semua pihak memiliki agenda dan kepentingan yang berbeda.

Saya teringat ketika terjadi pergantian kepemimpinan di tempat saya bekerja. Saya bukan hanya memiliki seorang atasan, melainkan empat orang atasan yang berbeda. Hal itu terkait dengan transisi dan banyaknya proyek penting yang sedang saya tangani. Masalah mulai timbul ketika semua pihak mulai mengejar dead line serta saling berbeda pandangan dan kepentingan. Sukar bagi saya untuk memprioritaskan proyek yang mana yang harus ditangani terlebih dahulu.

Pengalaman di atas menunjukkan bahwa sangat tidak mungkin bagi kita untuk melayani dua tuan yang berbeda sekaligus, yaitu Kristus dan Mamon. Hal yang sangat menarik adalah bahwa Yesus tidak pernah membandingkan dirinya dengan apapun kecuali dengan Mamon atau uang. Perkataan Yesus ini menunjukkan betapa uang dapat menjadi hamba yang baik, namun juga dapat menjadi tuan yang jahat.

Betapa seringnya cinta akan uang menjadi awal kehancuran karir maupun perusahaan. Korupsi, tax evasion, dan money laundering adalah beberapa contoh menjadikan Mamon sebagai tuan.

Who’s my boss?

No comments: