REVELATION

REVELATION
THE GREATEST KNOWLEDGE IS THE REVELATION FROM GOD

23 July 2008

Control

Bacaan: II Kor 3:1-18

II Kor 3:2 “Kamu adalah surat pujian kami yang tertulis dalam hati kami dan yang dikenal dan yang dapat dibaca oleh semua orang.

Suatu hari saya menghadiri meeting dengan tim investment banking dari salah satu perusahaan sekuritas besar yang ada di Indonesia. Dalam acara perkenalan yang dipimpin oleh sales director tersebut, hadir pula salah satu analis untuk memberikan overview atas sektor industri serta kondisi makro ekonomi dan pasar modal yang terjadi akhir-akhir ini.

Pada umumnya tujuan utama perusahaan mencatatkan namanya di bursa adalah untuk mencari dana dari masyarakat. Namun demikian, ada sebuah hal menarik yang disampaikan oleh analis tersebut mengenai latar belakang sebuah perusahaan melakukan Initial Public Offering. Ia mengisahkan bahwa bahwa ada sebuah perusahaan yang sangat sehat dan tidak membutuhkan capital injection tetapi memutuskan untuk masuk ke pasar modal. Alasan utama dari founder perusahaan tersebut masuk ke bursa ialah ia ingin agar perusahaan yang sudah dibangunnya tidak runtuh di tangan genersi kedua dan ketiga karena kurangnya kontrol.

Saya sangat terkesan atas pemikiran dari pendiri perusahaan tersebut. Ia rela sebagian kepemilikannya beralih ke publik hanya dengan tujuan agar ada orang-orang yang dapat membantu ia mengawasi going concern dari perusahaan yang dibangunnya, bahkan ketika suatu saat nanti ia sudah tidak ada lagi di dunia.

Suatu keterbukaan untuk terus mau bersedia diawasi oleh orang lain. Betapa berharganya pelajaran ini bagi saya. Alkitab mengatakan bahwa kita adalah surat terbuka yang terus dilihat oleh banyak orang. Hendaknya hidup kita tetap transparan agar kehidupan Kristus terpancar melalui kita.

Someone watches on you.

No comments: