REVELATION

REVELATION
THE GREATEST KNOWLEDGE IS THE REVELATION FROM GOD

23 July 2008

Teladan

Bacaan: I Pet 5:1-4

I Pet 5:3 “Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu.”

Saya tidak akan melupakan pengalaman ketika kembali ke Indonesia dari study di luar negeri dengan membawa gelar master untuk mencari pekerjaan. Sebagaimana kebanyakan para pekerja muda pada umumnya, zero experience plus limited degree menjadi modal yang sangat minim untuk melamar pekerjaan. Ada banyak kekuatiran bahwa semua pelajaran dan pengalaman yang diperoleh tetaplah tidak memadai untuk menempati posisi tertentu dalam dunia kerja.

Namun kekuatiran tersebut segera hilang ketika saya bertemu dengan sebuah pribadi yang dapat membimbing saya dalam perjalanan karir saya. Salah satu orang yang saya teladani dalam hidup saya adalah atasan saya di kantor. Saya teringat akan peristiwa interview dengan beliau sebagai user. Senyum Filipina yang ramah dan hangat itu mengakhiri pembicaraan dengan kalimat yang sangat membangun. “I assume you know nothing, I will teach you from the beginning”.

Saya tertengun. Belum pernah saya bertemu dengan orang seperti ini. Saya berpikir bahwa semua CFO besar akan menuntut semua staff-nya untuk menjadi seorang yang expert dan tahu segala hal. Sejak hari itu beliau membimbing saya bagaikan seorang atasan, sahabat dan ayah.

Ketika beliau muda, atasannya mengatakan hal yang sama dan pengalaman itu mengubah hidupnya. Ketika atasannya meninggal, satu-satunya hal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan hal yang sama terhadap semua staff-nya. Hingga hari ini, teladan itu telah saya wariskan kepada tim saya.

Life is a legacy.

No comments: