REVELATION

REVELATION
THE GREATEST KNOWLEDGE IS THE REVELATION FROM GOD

24 July 2008

Radical

Bacaan: Lukas 19:1-10

Lukas 19:10 “Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang."

Apabila ada satu contoh orang dalam Alkitab yang dikatakan radikal, maka saya akan menyebut nama Zakheus. Zakheus merupakan pemungut cukai yang dibenci pada jamannya, namun demikian kisah hidupnya menjadi sebuah pelajaran bahwa Tuhan dapat bekerja dan mengubah white collar criminal secara radikal untuk menjadi berkat bagi banyak orang. Berikut adalah beberapa pelajaran dari kehidupan Zakheus.

1. Mencari Tuhan
Zakheus berusha untuk melihat Yesus dengan segala usaha. Ia tidak malu untuk memanjat pohon hanya untuk menjumpai pribadi yang dapat mengisi kekosongan jiwanya. Ia mengabaikan rasa malu dan hinaan orang karena sungguh-sungguh mencari kasih yang sejati. Baginya pencarian akan Tuhan lebih berharga dari kekayaan dan jabatannya.

2. Memberikan respon
Zakheus memberikan respon positif akan undangan Yesus. Ia menerima Yesus dengan sukacita di rumahnya. Ditengah banyaknya para ahli Taurat yang menolak Yesus, Zakheus yang adalah orang berdosa dapat memberikan respon yang tepat untuk menerima Yesus.

3. Bertobat
Arti nama Zakheus adalah pure atau murni. Ketika Zakheus bertobat, maka pertobatannya adalah murni. Ia segera mengambil komitmen untuk memberikan setengah kekayaannya kepada orang miskin dan mengembalikan empat kali lipat kepada semua orang yang pernah diperasnya.

Pertobatan Zakheus yang radikal menjadi contoh bahwa Anda juga dapat melakukan hal yang sama di tempat kerja Anda. Yesus datang untuk mencari orang yang berdosa. Temukanlah Zakheus yang ada di sekaliling Anda hari ini.

Jesus loves tax collector, how about you?

No comments: