REVELATION

REVELATION
THE GREATEST KNOWLEDGE IS THE REVELATION FROM GOD

25 September 2008

MAN OF INTEGRITY

Bacaan: I Sam 12:1-5

I Sam 12:3 “Di sini aku berdiri. Berikanlah kesaksian menentang aku di hadapan TUHAN dan di hadapan orang yang diurapi-Nya: Lembu siapakah yang telah kuambil? Keledai siapakah yang telah kuambil? Siapakah yang telah kuperas? Siapakah yang telah kuperlakukan dengan kekerasan? Dari tangan siapakah telah kuterima sogok sehingga aku harus tutup mata? Aku akan mengembalikannya kepadamu."

Hari-hari terakhir ini seluruh dunia sedang mengalami krisis ekonomi yang cukup menggoncangkan stabilitas negara. Terlepas dari hal tersebut, salah satu krisis yang paling mengenaskan adalah adanya krisis kepemimpinan. Pemimpin yang diharapkan menjadi panutan dan pelindung terkadang tidak berfungsi sebagaimana yang diharapkan.

Setumpuk janji yang ditawarkan ketika pemilihan pemimpin ternyata tidak terealisasi karena janji tinggallah janji. Tidak ada lagi integritas dan rasa bersalah ketika apa yang dilakukan tidak sesuai dengan apa yang dikatakan. Bahkan tidak sedikit pemimpin yang menyalahgunakan posisi yang dipercayakan kepadanya hanya untuk mengambil keuntungan dari orang lain.

Samuel merupakan seorang hakim dan nabi yang ditetapkan Tuhan untuk memimpin bangsa Israel. Sebagai seorang pemimpin, Samuel telah dipercaya untuk memimpin bangsa Israel datang kepada Tuhan. Ketika suatu hari bangsa Israel meminta seorang raja untuk menjadi pemimpin mereka menggantikan kepemimpinan Tuhan, Samuel melakukan sebuah tantangan yang luar biasa. Ia melakukan tantangan terhadap integritasnya sendiri.

Sebagai hakim, Samuel dituntut untuk hidup adil dan tidak menerima suap. Ia dituntut untuk dapat bersikap tegas dan tidak kompromi terhadap kebenaran. Hal yang menarik adalah Samuel berhasil menjalankan profesi yang dipercayakan kepadanya dengan baik hingga masa tuanya. Dengan berani dan terbuka ia menantang bangsa Israel untuk membuktikan integritasnya dalam pekerjaan maupun pelayanannya sebagai seorang abdi Allah. Pada akhirnya ia terbukti bersih dan menjadi seorang pemimpin yang menunjukkan integritas tinggi.

A man of integrity never afraid of challenges.

No comments: