REVELATION

REVELATION
THE GREATEST KNOWLEDGE IS THE REVELATION FROM GOD

25 September 2008

GOSSIP

Bacaan: Kej 9:18-27

Kej 9:23 “Sesudah itu Sem dan Yafet mengambil sehelai kain dan membentangkannya pada bahu mereka berdua, lalu mereka berjalan mundur; mereka menutupi aurat ayahnya sambil berpaling muka, sehingga mereka tidak melihat aurat ayahnya.”

Acara infotainment merupakah salah satu hal yang paling disukai oleh kaum wanita. Tidak heran seluruh stasiun televisi berlomba-lomba untuk menayangkan kisah-kisah seputar para selebritis. Berita mengenai perselingkuhan, perceraian maupun beraneka rumor lainnya coba diangkat untuk menarik perhatian pemirsa. Satu hal yang menarik dari acara semacam ini adalah tingginya tingkat gosip yang beredar diantara para pemirsa setelah menyaksikan acara tersebut. Nampaknya membicarakan keburukan orang lain menjadi suatu hal yang dinikmati oleh beberapa orang.

Hal senada dapat terlihat pula dari banyaknya kecaman yang ditujukan kepada para pemimpin bangsa maupun perusahaan. Tidak heran di kantor ada banyak orang-orang yang juga sering menyebarkan gosip dan menceritakan kekurangan orang lain, terutama atasannya. Tidak cukup di situ, seringkali kasak-kusuk gosip dalam keluarga maupun gereja terkadang membuat telinga semakin semakin panas akibat banyaknya berita yang simpang siur.

Firman Tuhan hari ini mengingatkan akan kisah Ham yang menceritakan mengenai aib dari Nuh, ayahnya sendiri. Ham melihat Nuh dalam keadaan mabuk dan telanjang, namun bukannya menutupi hal tersebut, Ham justru menceritakan hal tersebut kepada saudara-saudaranya. Berbeda dengan sikap Ham, kedua saudaranya, Sem dan Yafet, bertindak sigap dalam menutupi kelemahan sang ayah. Sebagai upah dari perbuatan mereka, Sem dan Yafet memperoleh berkat yang melimpah. Di sisi lain, Ham akhirnya memperoleh hukuman yang setimpal atas apa yang diperbuatnya.

Tell the gospel, not the gossip.

No comments: